Sah! Untuk menjalankan bisnis dengan baik, aspek hukum sangatlah penting. Seperti menangani permasalahan hukum, mengelola berbagai dokumen hukum, mengetahui peraturan terbaru, hingga dapat mengidentifikasi risiko yang terjadi di masa depan adalah tanggung jawab seorang Legal Officer.
Dari jobdesk tersebut, maka untuk menjadi Legal Officer sudah sepatutnya merupakan seseorang yang memiliki gelar sarjana hukum.
Seorang Legal Officer harus terus mengasah dan mengembangkan skill agar dapat menjadi Legal Officer yang andal karena mereka sangat penting bagi perusahaan .
Untuk itu, bagi Anda yang ingin terjun ke dalam profesi tersebut di bawah ini terdapat beberapa skill yang harus Anda kuasai.
Apa itu Legal Officer?
Legal Officer adalah orang yang menangani masalah hukum baik di dalam maupun di luar perusahaan, dan memastikan bahwa perusahaan atau organisasi tempat mereka bekerja tidak terlibat dalam masalah hukum.
Untuk mengurus legalitas dan izin perusahaan, posisi ini dapat ditempatkan oleh suatu perusahaan swasta, agensi, atau bidang pekerjaan lainnya. Oleh karena itu, profesi ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan agar tetap beroperasi.
Tugas Legal Officer
Legal Officer biasanya memiliki beberapa tugas yang diemban, baik urusan hukum internal maupun eksternal, sebagai seseorang yang mengawasi perizinan hukum perusahaan atau organisasi. Adapun tugas Legal Officer adalah sebagai berikut.
- Mengelola Dokumen
Kontrak kerja, perjanjian lisensi, dan perjanjian distribusi adalah contoh dari berbagai jenis kontrak dan perjanjian yang dirancang, disusun, dan diperiksa oleh Legal Officer.
Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semua dokumen tersebut sah secara hukum dan melindungi kepentingan perusahaan.
- Pengawasan Kepatuhan Hukum
Mereka memastikan perusahaan sudah mematuhi semua peraturan hukum yang berlaku di wilayah dan industri perusahaan.
- Memberikan Nasihat Hukum
Legal Officer memberikan nasihat hukum kepada manajemen mengenai pedoman etika, nasihat tentang tindakan yang sesuai hukum, hingga memberikan analisis hukum yang berkaitan dengan keputusan bisnis.
- Perlindungan Kekayaan Intelektual
Mereka akan membantu melindungi perusahaan yang memiliki hak kekayaan intelektual seperti paten, merek dagang, atau hak cipta termasuk memproses permohonan perlindungan hukum yang tepat.
- Konsultasi Hukum Eksternal
Legal Officer dapat bekerja sama dengan konsultan hukum atau firma hukum luar jika diperlukan untuk memecahkan masalah yang sulit atau memerlukan keahlian khusus.
Skill yang harus dimiliki Legal Officer
- Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan dan Tertulis
Berkomunikasi dengan baik dan persuasif adalah skill yang harus dimiliki Legal Officer. Mereka harus bisa menyampaikan informasi dengan jelas, singkat, dan logis secara tertulis maupun lisan.
Untuk penulisan dokumen yang efektif, Legal Officer harus memperhatikan aspek penulisan dan tata bahasa yang baik. Dokumen harus terorganisir, ringkas, dan persuasif.
Bahasa juga adalah hal yang sangat penting, dan akan lebih baik lagi jika seorang Legal Officer dapat berbicara lebih dari satu bahasa.
- Research, Analytical dan Logical Skills
Sebagai seorang Legal Officer, Anda dituntut untuk aktif melakukan penelitian terhadap perkembangan regulasi yang ada karena perubahan peraturan sangat dinamis.
Setelah melakukan penelitian yang mendalam, Anda juga diharuskan untuk memberikan nasihat hukum.
Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki kemampuan analisis yang kuat agar setiap keputusan yang Anda buat juga dapat mengurangi risiko hukum yang akan terjadi di kemudian hari.
Kemampuan untuk meriset dan menganalisis informasi dengan cermat serta menggunakan logika yang tepat adalah keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam memahami dan menyelesaikan masalah hukum.
Setiap kasus hukum memerlukan pemahaman mendalam tentang fakta-fakta yang ada dan kemampuan untuk mencakup informasi tersebut dengan prinsip-prinsip hukum yang berlaku.
Seorang profesional hukum dapat mengumpulkan bukti secara objektif dan membuat argumen yang didasarkan pada penalaran yang rasional dengan menggunakan logika dan analisis yang tepat.
- Contract Drafting dan Negotiation Skills
Ketika Anda bekerja sebagai Legal Officer, Anda harus memiliki keahlian dalam meninjau dan menyusun kontrak karena banyak pihak akan terlibat dalam dokumen perjanjian atau kontrak.
Selain itu, sangat penting untuk memahami metode yang digunakan dalam negosiasi kontrak karena ini merupakan dasar dari kontrak yang baik yang memungkinkan setiap pihak mencapai kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak.
Untuk menghindari masalah di kemudian hari, kontrak harus disusun dengan hati-hati dan tidak terburu-buru.
- Kemampuan menggunakan Teknologi
Penggunaan teknologi menjadi sangat penting bagi praktisi hukum di era modern termasuk Legal Officer. Dengan menggunakannya, mereka dapat mempercepat proses penelitian hukum, mengatur dan mengelola dokumen serta berkomunikasi dengan klien menjadi lebih baik.
Selain itu, praktisi hukum dapat menggunakan teknologi untuk mengakses informasi hukum yang terbaru dan memantau perkembangan hukum.
Oleh karena itu, penting bagi praktisi hukum untuk terus mengikuti kemajuan ini dan memanfaatkannya untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan mereka di bidang hukum.
Seperti itulah penyampaian artikel terkait Lulusan Hukum Wajib Punya Skill ini untuk Menjadi Legal Officer, semoga bermanfaat.
Sah! siap menyediakan layanan berupa pengurusan legalitas usaha serta pembuatan izin HAKI termasuk pendaftaran hak cipta dengan aman, cepat, anti-ribet dan sangat terjamin. Sehingga, tidak perlu khawatir dalam menjalankan aktivitas lembaga/usaha.
Bagi yang hendak mendirikan lembaga/usaha atau mengurus legalitas usaha cukup hubungi kami via WA 0851 7300 7406 atau dapat kunjungi laman Sah.co.id.
Sah! siap memberikan solusi mudah untuk Anda.
Source:
https://www.google.com/amp/s/www.linovhr.com/legal-officer/amp/
https://www.google.com/amp/s/www.cakeresume.com/resources/legal-officer-adalah.amp%3flocale=id
https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/life/career/amp/mzayyin-al-islam/legal-skill-c1c2