Berita Hukum Legalitas Terbaru
Bisnis  

Ini Dia Strategi Pemasaran Bisnis Ekspor agar Menguntungkan

a group of boats that are sitting in the water

Sah! – Bisnis ekspor banyak diminati oleh perseorangan atau badan hukum untuk menjalankan bisnisnya karena menguntungkan, ekspor merupakan kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean Indonesia ke daerah pabean Negara lain.

Pemasaran ekspor merupakan rangkaian kegiatan dimana perusahaan menjual produk atau jasanya ke luar negeri, produk tersebut diproduksi dan didistribusikan dari negara asal ke negara pembeli.

Untuk perbaikan ekonomi Indonesia, kegiatan ekspor ini sangat menghasilkan dan penyumbang devisa yang tinggi bagi negara.

Tujuan ekspor yaitu tentunya akan meningkatkan keuangan dan mendapatkan biaya penjualan yang lebih tinggi, pengembangan kemajuan bisnis, membuka peluang bisnis ekspor, produk semakin dikenal masyarakat dunia.

Ketika ingin mengusahakan bisnis ekspor, penting bagi pemilik usaha untuk memperhatikan struktur legislative regular, tindakan hukum yang sesuai, pembatasan dan perlindungan perdagangan dan lain sebagainya.

Marketing merupakan pelaksanaan dari kegiatan usaha dan bisnis dengan mengalirkan barang-barang ataupun jasa dari pihak produsen kepada pihak pembeli atau pemakai.

Ketika memproduksi suatu produk atau jasa, pengusaha ingin mendapatkan keuntungan dari produk/jasa yang diproduksinya. Maka memasarkan suatu produk tersebut harus dilakukan secara baik dan benar agar produk yang dijualnya meraih keuntungan.

Pemasaran ekspor tidak hanya menekankan pada penjualan atau mempromosikan produk saja tetapi juga untuk mengetahui kebutuhan pasar, paham untuk mengadaptasi strategi pemasaran sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini penting karena untuk keberlangsungan bisnis dan memperluas pangsa pasar dari produk yang diproduksi, dengan memahami pasar maka akan meningkatkan daya jual dan membuka peluang untuk memasarkan produk ke berbagai negara.

Penting untuk mengikuti cara yang benar dan menyimpulkan chanel mana yang akan digunakan untuk menghubungkan penjual dan pembeli.

Ada beberapa langkah yang dapat digunakan untuk melakukan pasar sasaran yaitu segmentasi pasar, penetapan pasar sasaran dan penempatan produk.

 Segmentasi pasar yaitu proses mengelompokan calon pembeli atau calon konsumen  guna menentukan target pasar dari produk yang dijual, ini penting untuk dilakukan agar target pasar sesuai dengan produk yang dijual.

Segmentasi pasar ini memiliki beberapa jenis seperti segmentasi perilaku, segmentasi demografis, segmentasi psikografis dan segmentasi geografis.

Selanjutnya yaitu penetapan pasar sasaran, setelah melakukan segmentasi pasar maka tahap selanjutnya mengevaluasi segmen mana yang akan dimasuki untuk memasarkan produk yang akan dijual.

Setelah segmentasi pasar dan penetapan pasar sasaran maka selanjutnya penempatan produk, penempatan produk merupakan tindakan yang dilakukan perusahaan untuk membuat produknya dikenal secara luas dan menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian.  

Langkah awal dalam memulai bisnis ekspor ini adalah memahami negara tujuan, perusahaan harus meneliti dan melakukan analisis mengenai negara tujuan ekspor produk.

Selanjutnya membuat perencanaan ekspor, hal ini penting untuk dilakukan karena dengan membuat rencana ekspor maka nantinya akan memudahkan aktivitas ekspor.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memulai bisnis ekspor yaitu memiliki produk yang akan diekspor, negara tujuan produk, jalur pengiriman barang, legalitas usaha ekspor, dan sebagainya.

Langkah berikutnya dengan memanfaatkan teknologi yaitu mendaftarkan produk ke website bisnis internasional karena dengan hal ini memberikan peluang untuk mendapatkan pembelian dari negara lain.

Tidak kalah penting yaitu menyiapkan dokumen ekspor sebelum melakukan ekspor barang seperti dokumen dari pengirim yang isinya spesifikasi barang, informasi data barang, bukti bayar bea keluar dan dokumen lainnya.

Ketika berbisnis penting untuk memperhatikan standar mutu produk, sama halnya seperti bisnis ekspor ini. Pelaku usaha perlu untuk memperhatikan mutu standar produk sebelum melakukan pengiriman.

Penting bagi pelaku usaha bisnis ekspor untuk memahami mengenai aturan ekspor – impor karena tidak semua memiliki pemahaman mengenai aturan ekspor – impor dan pelaku usaha harus paham mengenai barang apa saja yang boleh dan tidak boleh diekspor ke negara tujuan.

Menjalankan suatu usaha memang tidak mudah, maka perlu adanya perencanaan yang matang mulai dari produk sampai dengan pemasarannya agar produk yang dijual menghasilkan keuntungan.

Strategi pemasaran yang matang sangat penting guna produk dikenal masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri.

Demikianlah artikel mengenai strategi pemasaran bisnis ekspor agar menguntungkan. Masih banyak artikel menarik lainnya di Sah.co.id, jangan sampai terlewatkan!

Sah! Menyediakan berbagai artikel yang bermanfaat dan juga layanan seperti pengurusan usaha. Sehingga, tidak perlu khawatir dalam menjalankan aktivitas Lembaga/usaha.

Apabila ada yang ingin mendirikan lembaga/usaha atau mengurus legalitas usaha bisa hubungi WA 0851 7300 7406 atau dapat kunjungi laman Sah.co.id

Source:

Winda Suciani Siregar, Septiana Sara Lubis, dkk, (2021), Strategi Pemasaran Ekspor dalam Memasuki Pasar Global, Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol 15, No 2.

https://www.interlogusa.com/answers/blog/what-is-export-marketing/

https://upgraded.id/strategi-pemasaran-ekspor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *