Berita Hukum Legalitas Terbaru
Bisnis  

Kenali Faktor-Faktor dan Penyebab Gagalnya Suatu Usaha/Bisnis

Sorry we're closed signage hanged on glass door

Sah! – Saat menjalankan sebuah usaha/bisnis pasti tidaklah selalu berjalan mulus, terdapat banyak tahapan dan rintangan yang harus dilewati agar dapat menjadi suatu usaha/bisnis yang sukses. Terkadang, para pelaku bisnis seringkali mengalami kegagalan dalam menjalankan usahanya.

Seperti misalnya, pada saat pandemi covid-19 melanda banyak sekali usaha/bisnis yang mengalami kegagalan hingga pada akhirnya tidak dapat bangkit lagi karena kondisi dan situasinya tidak memungkinkan untuk melanjutkan usahanya.

Namun, tidak sedikit juga para pelaku bisnis yang berhasil dari keterpurukan pasca pandemi covid-19 dan memulai lagi usaha/bisnisnya dari awal dan bertahan hingga sukses.

Pada artikel kali ini, penulis akan membahas faktor-faktor dan penyebab dari gagal atau tidak berkembangnya suatu usaha/bisnis yang sedang dijalankan.

Pertama, kurangnya motivasi untuk berkembang. Dalam melakukan usaha/bisnis diperlukannya motivasi agar dapat berkembang, apabila tidak memiliki/kurang motivasi akan dapat menyebabkan bisnis yang dijalankan tidak berkembang dan gagal.

Motivasi dapat datang dari mana saja, bisa dari orang lain atau dari diri sendiri. Seperti misalnya pelaku usaha yang memiliki usaha dibidang makanan namun kurang diminati sehingga menyebabkan tutupnya warung makan tersebut.

Dalam hal ini, mungkin pelaku usaha tersebut kurang memiliki motivasi untuk mempertahankan usahanya, pelaku usaha tersebut dapat meningkatkan kualitas produk/makanannya, memberikan harga yang sesuai dengan kualitas produknya, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, usaha yang dijalankan perlahan akan bangkit dan pelaku usaha tersebut akan dapat bertahan menjalankan usahanya. Dalam hal ini, suatu motivasi sangat diperlukan, selain motivasi, konsep yang matang juga diperlukan agar usaha tersebut berjalan dengan lancar.

Kedua, kurangnya/tidak memiliki strategi marketing/pemasaran yang baik. Dalam berbisnis juga diperlukan untuk memiliki kemampuan strategi marketing yang baik. Untuk menarik konsumen, diperlukan strategi marketing.

Strategi marketing/pemasaran bisa dilakukan dengan apa saja, seperti melakukan promosi di sosial media dan website, memberikan harga-harga spesial, dan lain sebagainya. Dengan melakukan strategi pemasaran yang baik, maka akan dapat menarik para konsumen dan dapat mempertahankan bisnis.

Ketiga, kurang berpengalaman dalam berbisnis. Hal ini juga dapat menjadi salah satu faktor gagalnya suatu bisnis/usaha. Dalam berbisnis diperlukan adanya pengalaman yang cukup dalam berbisnis agar dapat memahami lingkup bisnis yang dijalankan.

Pelaku usaha dapat merekrut orang yang berpengalaman dalam berbisnis atau dapat melakukan riset-riset lebih banyak mengenai bidang yang akan dijalankan dan riset mengenai dunia bisnis agar dapat mempertahankan usahanya dan dapat bertahan di antara para pesaingnya.

Keempat, tidak memiliki rencana bisnis yang jelas dan matang. Sebelum memulai usaha tentunya pelaku usaha harus memiliki rencana bisnis yang matang dan jelas. Hal tersebut dapat membantu mengatasi serta mengantisipasi permasalahan yang mungkin akan muncul di kemudian hari.

Kelima, pengelolaan sistem keuangan yang lemah. Hal ini dapat menjadi salah satu pemicu besar dari kegagalan suatu usaha/bisnis. Pengelolaan sistem keuangan yang baik merupakan salah satu hal utama dalam berbisnis.

Pelaku usaha harus dapat mengatur sistem keuangan dengan baik dan terperinci agar dapat mempertahankan usahanya dan tidak mengalami kerugian.

Faktor-faktor tersebut seperti yang sudah dijelaskan diatas hanyalah beberapa dari banyaknya faktor yang dapat menyebabkan kegagalan suatu usaha, dengan dijelaskannya faktor-faktor tersebut diharapkan dapat mampu membantu mengantisipasi dan mengurangi resiko kegagalan usaha.

Kegagalan adalah kunci keberhasilan dimasa yang akan datang, dan kegagalan merupakan suatu Pelajaran yang dapat dipelajari agar mampu lebih baik lagi kedepannya. Dengan semangat dan bangkit, maka kegagalan akan berbuah menjadi kesuksesan.

Seperti itulah penyampaian artikel berupa faktor-faktor penyebab gagalnya suatu bisnis, semoga bermanfaat.

Sah! menyediakan layanan mengenai berita dan informasi seputar dunia hukum, administrasi hukum, legalitas usaha, perizinan, serta beberapa layanan hukum lainnya. Tidak perlu khawatir menjalankan usaha, karena dengan sah segalanya lebih mudah.

Untuk anda yang ingin mengetahui informasi mengenai artikel lainnya silahkan kunjungi website sah.co.id dan bagi anda yang hendak mendirikan lembaga/usaha atau mengurus legalitas usaha bisa hubungi WA 0851 7300 7406 atau dapat mengunjungi website sah.co.id dam instagram @sahcoid.

 

Source:

Ukmindonesia.id “Faktor Penyebab Gagalnya Bisnis dan Tidak Optimalnya Pertumbuhan Usaha” oleh Muhammad Miqdad Robbani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *