Berita Hukum Legalitas Terbaru
KBLI  

KBLI 82200 Aktivitas Call Centre, Termasuk Apa Saja?

KBLI 82200 Aktivitas Call Centre dikenal juga sebagai KBLI untuk izin usaha Aktivitas Call Centre, mencakup usaha jasa call center, seperti inbound call centre (panggilan ke dalam), menjawab panggilan dari pelanggan oleh operator manusia, distribusi panggilan otomatis, integrasi telepon dan komputer, sistem respon suara interaktif atau metode yang sejenis untuk menerima permintaan, menyediakan produk informasi yang berkaitan dengan permintaan bantuan pelanggan atau menyalurkan keluhan atau komplain dari pelanggan
KBLI 82200 Aktivitas Call Centre dikenal juga sebagai KBLI untuk izin usaha Aktivitas Call Centre, mencakup usaha jasa call center, seperti inbound call centre (panggilan ke dalam), menjawab panggilan dari pelanggan oleh operator manusia, distribusi panggilan otomatis, integrasi telepon dan komputer, sistem respon suara interaktif atau metode yang sejenis untuk menerima permintaan, menyediakan produk informasi yang berkaitan dengan permintaan bantuan pelanggan atau menyalurkan keluhan atau komplain dari pelanggan

Sah! – KBLI 82200 Aktivitas Call Centre dikenal juga sebagai KBLI untuk izin usaha Aktivitas Call Centre, mencakup usaha jasa call center, seperti inbound call centre (panggilan ke dalam), menjawab panggilan dari pelanggan oleh operator manusia, distribusi panggilan otomatis, integrasi telepon dan komputer, sistem respon suara interaktif atau metode yang sejenis untuk menerima permintaan, menyediakan produk informasi yang berkaitan dengan permintaan bantuan pelanggan atau menyalurkan keluhan atau komplain dari pelanggan

Kode KBLI 82200 untuk Aktifitas Apa?

KBLI adalah kode pengenal yang dibuat oleh BPS atau Badan Pusat Statistik agar mempermudah pengusaha ketika menentukan bidang usaha Aktivitas Call Centre agar tidak keliru dengan kategori bisnis lain.

Pengusaha Aktivitas Call Centre diwajibkan menetapkan kode KBLI lima digit sebelum mendaftar perizinan lainnya.

Dalam memilih KBLI 82200 ketika menjalankan Aktivitas Call Centre adalah hal yang wajib karena sekarang pemerintah sudah mengharuskan izin berusaha berbasis risiko.

Seluruh kegiatan bisnis yang dijalankan, surat izin yang diwajibkan tergantung pada kategori risiko kegiatan usaha.

Risiko usaha Aktivitas Call Centre bisa diketahui menggunakan kode KBLI yang sudah ada

Pertimbangan Kenapa Harus Memilih KBLI 82200 Aktivitas Call Centre

KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia) 82200 Aktivitas Call Centre mesti dipahami pebisnis Aktivitas Call Centre karena faktor berikut.

  • Mempermudah pebisnis untuk menetapkan jenis usaha yang hendak dikembangkan nanti.
  • Sebagai syarat untuk mengurus SIUP/TDP/NIB/Izin usaha Aktivitas Call Centre, membuat NPWP, pendaftaran BPJS, dan pendaftaran perizinan lainnya.
  • Menentukan besarnya pajak di SPT Tahunan maupun SPT Masa yang musti dibayarkan pelaku usaha Aktivitas Call Centre ke DJP.
  • Menentukan risiko usaha
  • Menentukan kegiatan izin usaha lain yang dibutuhkan. Seperti keanggotaan asosiasi, sertifikat kompetensi, sertifikat manajemen mutu dan perizinan di badan atau kementerian

KBLI 82200 Aktivitas Call Centre Mencakup Apa Saja?

Bidang usaha yang mencakup di Kelompok ini mencakup usaha jasa call center, seperti inbound call centre (panggilan ke dalam), menjawab panggilan dari pelanggan oleh operator manusia, distribusi panggilan otomatis, integrasi telepon dan komputer, sistem respon suara interaktif atau metode yang sejenis untuk menerima permintaan, menyediakan produk informasi yang berkaitan dengan permintaan bantuan pelanggan atau menyalurkan keluhan atau komplain dari pelanggan; outbond call centre (panggilan ke luar), menggunakan metode yang sejenis untuk menjual atau memasarkan barang atau jasa kepada pelanggan potensial, melakukan penelitian pasar atau jajak pendapat masyarakat dan kegiatan yang sejenis kepada pelanggan..

Apa Kode KBLI 82200 Aktivitas Call Centre Dapat Dicampur dengan KBLI Lain?

Berikut syarat KBLI yang dapat digabung bersamaan kode KBLI 82200 Aktivitas Call Centre.

  • Hindari mencampur kode KBLI perdagangan besar dengan perdagangan eceran.
  • Hindari mencantumkan kode KBLI Single Purpose dengan KBLI lainya.
  • Dilarang mencampur kode KBLI Aktivitas Call Centre dengan KBLI yang berbeda bidang/tujuan jika disyaratkan hanya bisa untuk KBLI satu bidang.
  • Periksa apakah kode KBLI yang dijalankan sesuai dengan jenis pelaku usaha yang disyaratkan.
  • MemastikanKBLI sesuai dengan kriteria skala usaha yang terlaksana.

Jangan Sampai Salah Memilih Kode KBLI 82200 Aktivitas Call Centre

Jika keliru dalam memilih KBLI 82200 Aktivitas Call Centre dapat menimbulkan akibat merugikan bagi bisnis yang sudah.

  • Usaha tidak dapat beroperasi secara sah karena perizinan bertentangan dengan aktivitas komersial bisnis.
  • perizinan usaha tidak bisa diterbitkan karena memerlukan kode KBLI yang tepat.
  • Potensi memperoleh teguran, surat peringatan, sanksi, bahkan pembatalan izin dari dinas dikarenakan perizinan tidak berlaku sesuai kegiatan bisnis.
  • Tidak dapat mengurus izin usaha tambahan seperti izin operasional dan izin komersial.
  • Wajib mengulang pengurusan izin usaha dari awal, akibatnya pebisnis harus mengeluarkan biaya dan tenaga tambahan

Cara Memilih KBLI 82200 Aktivitas Call Centre

Saat memilih untuk menggunakan KBLI 82200 Aktivitas Call Centre, ada beberapa hal yang bisa dipahami. Berikut beberapa langkahnya.

  • Mengecek kode KBLI serta aktivitas usaha yang berjalan pada Buku Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia / KBLI 2020 terbaru atau bisa diperiksa dan didapatkan melalui laman www.sah.co.id/kbli
  • Kegiatan usaha yang dilaksanakan adalah kegiatan Aktivitas Call Centre yang pada Kelompok ini mencakup usaha jasa call center, seperti inbound call centre (panggilan ke dalam), menjawab panggilan dari pelanggan oleh operator manusia, distribusi panggilan otomatis, integrasi telepon dan komputer, sistem respon suara interaktif atau metode yang sejenis untuk menerima permintaan, menyediakan produk informasi yang berkaitan dengan permintaan bantuan pelanggan atau menyalurkan keluhan atau komplain dari pelanggan; outbond call centre (panggilan ke luar), menggunakan metode yang sejenis untuk menjual atau memasarkan barang atau jasa kepada pelanggan potensial, melakukan penelitian pasar atau jajak pendapat masyarakat dan kegiatan yang sejenis kepada pelanggan..
  • Mempertimbangkan kategori pelaku usaha seperti jenis badan hukum atau perorangan sebelum memilih serta mengembangkan KBLI.
  • Pilihlah kode KBLI berdasarkan pada besarnya modal usaha Aktivitas Call Centre yang berjalan, mulai dari usaha skala mikro, skala kecil, skala menengah, dan skala besar. Apabila modal usaha Aktivitas Call Centre dibawah satu miliar, maka termasuk dalam usaha mikro. Bagi usaha Aktivitas Call Centre yang memiliki modal lebih dari satu miliar sampai lima miliar, usahanya termasuk dalam usaha skala kecil. Sementara untuk usaha Aktivitas Call Centre skala menengah modalnya berkisar lima sampai sepuluh miliar. Sedangkan jika modal lebih dari sepuluh miliar akan termasuk dalam usaha skala besar.
  • memilih tempat yang diperuntukkan untuk melakukan aktivitas usaha Aktivitas Call Centre dikarenakan tidak seluruh tempat dapat ditempati untuk melaksanakan usaha Aktivitas Call Centre.

Demikian pembahasan terkait KBLI 82200 Aktivitas Call Centre, semoga dapat mempermudah pembaca ketika mendaftarkan izin usaha Aktivitas Call Centre.

Jika membutuhkan konsultan untuk mengurus izin usaha Aktivitas Call Centre dapat hubungi WA 0856 2160 034 atau dapat mengakses portal Sah.co.id

WhatsApp us

Exit mobile version