Berita Hukum Legalitas Terbaru

Beginilah Cara Tepat Membuat Izin Usaha Pengusahaan Damar

Ilustrasi Pembubaran Legalitas

Izin usaha Pengusahaan Damar merupakan salah satu bagian syarat yang harus disiapkan oleh pemilik usaha Pengusahaan Damar supaya usaha bisa mendapatkan pengakuan pemerintah. Ada kalanya pemilik usaha hanya mencari keuntungan sampai lupa izin usaha Pengusahaan Damar.

Kenyataannya jika bisnis sudah membuat izin, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Mulai dengan meningkatkan banyaknya pelanggan sampai terhindar dari permasalahan yang bisa merugikan usaha di masa yang akan datang.

Profit bisnis dapat meningkat karna setelah membuat izin, pebisnis bisa mengakses pasar yang lebih banyak. Satu diantaranya adalah bisa kerjasama dengan lembaga lainnya, maupun dapat pelanggan baru melalui tender yang dilakukan lembaga swasta atau pemerintah. Pemilik bisnis juga bisa mengembangkan bisnis ke pasar internasional, melakukan bisnis expor impor, bahkan menjalin kerjasama dengan Pemilik bisnis seluruh dunia.

Akan tetapi kalau Pemilik usaha tidak memiliki izin usaha Pengusahaan Damar, ada banyak masalah yang bisa menghambat operasional bisnis. Pertama, usaha yang sudah berjalan bisa digolongkan sebagai bisnis yang tidak taat aturan. Akibatnya usaha dapat diberi tuntutan, disidak oleh pihak berwajib, barang atau aset bisnis disita, maupun dapat diberi penalti baik perdata maupun pidana.

Jadi apa yang harus disiapkan supaya usaha Pengusahaan Damar bisa memiliki izin dan mendapat perlindungan dari pemerintah?

Berikut adalah prosedur dalam mendapatkan izin usaha Pengusahaan Damar.

Mempelajari Izin Apa Saja yang Perlu Diurus Buat Menjalankan Usaha Pengusahaan Damar

Sekarang pemerintah telah melakukan efisiensi proses pengurusan izin  usaha Pengusahaan Damar melalui Online Single Submission (OSS) Risk Based Approach. Jika dulu pengurusan izin usaha menggunakan Surat Izin Usaha Perdagangan / SIUP, Tanda Daftar Perusahaan (TDUP), Surat Keterangan Terdaftar (SKT), maka saat ini izin usaha digantikan menggunakan Nomor Induk Berusaha (NIB). NIB harus disiapkan bagi setiap Pemilik usaha karna digunakan sebagai bukti dari Pemilik bisnis.

Legalitas lain yang perlu digunakan oleh Pebisnis Pengusahaan Damar adalah NPWP, Sertifikat Standar (Resiko Menengah Tinggi), serta Izin lainnya menyesuaikan resiko dan usaha yang dijalankan. Jika mau mendapatkan perlindungan hukum dari produk atau jasa, Pengusaha dapat melakukan pendaftaran merek dagang ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual tergantung jenis barang atau jasa yang dijalankan.

Menentukan KBLI yang Tepat Bagi Usaha Pengusahaan Damar

Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia (Kode) adalah kode klasifikasi yang disusun oleh Badan Pusat Statistik untuk memudahkan Pemilik usaha saat menentukan kegiatan usaha yang sudah berjalan. Seluruh Pebisnis harus memasukkan kode KBLI sesuai dengan  kegiatan usaha yang sudah dijalankan.

Kode KBLI tersusun dari 5 digit angka yang memuat informasi maksud, tujuan, dan kegiatan usaha. Kode KBLI untuk usaha Pengusahaan Damar menggunakan kode 02135.

Usaha di Kelompok ini mencakup usaha persemaian/pembibitan, penanaman/pengayaan, pemeliharaan, pemanenan hasil, pengolahan dan pemasaran damar

Saat menentukan kode KBLI 02135 perlu memperhatikan dengan benar dan disesuaikan dengan jenis usaha yang berjalan. Karna kalau salah  memasukkan Kode KBLI 02135, izin usaha tidak bisa digunakan.

Menentukan Badan Usaha atau Perseorangan Untuk Menjalankan Usaha Pengusahaan Damar

Pebisnis bisa memilih hendak menggunakan badan usaha maupun atas nama pribadi dalam menjalankan usahanya. Kedua pilihan tersebut mempunyai keuntungan dan kerugian tersendiri.

Jika memutuskan menggunakan badan usaha, usaha yang dijalankan akan lebih terpercaya karena usaha akan berjalan atas nama badan usaha. Dokumen izin, pajak, maupun akun bank memakai atas nama badan usaha. Pembukuan keuangan dilakukan terpisah antara pendiri dan usaha. Sehingga kepemilikan harta jadi semakin jelas antara harta pengusaha dan harta usaha.

Pilihan badan usaha yang dapat dipilih antaralain PT, CV, Yayasan, Firma, UD, Koperasi, serta badan usaha lain yang sesuai dengan persyaratan dan bidang usaha yang akan beroperasi.

Sebaliknya kalau pebisnis memutuskan menjalankan kegiatan bisnis memakai atas nama perseorangan, maka transaksi keuangan, perpajakan, serta legalitas yang didapatkan menjadi atas nama pribadi owner usaha. Aturan pajak akan lebih sederhana, perizinan biasanya jugs lebih mudah, dan tanggung jawab sepenuhnya ada pada pengusaha.

Membuat Nomor Pokok Wajib Pajak untuk Menjalankan Kewajiban Pajak

Pajak menjadi salah satu kewajiban yang harus dibayar oleh WNI, termasuk didalamnya owner bisnis. Bukti pengusaha sudah tercatat menjadi wajib pajak adalah NPWP.

Pengajuan NPWP bisa dilakukan lewat Kantor Pajak di kota sesuai alamat usaha atau secara digital di sistem www.pajak.go.id

Dokumen ketika mau mengajukan NPWP Pribadi yaitu KTP dan Kartu Keluarga. Selain itu kalau mengajukan NPWP Badan harus mengumpulkan Surat Keterangan/Akta Badan Usaha, KTP dan NPWP ketua atau direktur.

Mendaftarkan NIB OSS Pengusahaan Damar

Nomor Induk Berusaha (NIB) merupakan identitas dan bukti jika owner bisnis telah resmi terdaftar di lembaga OSS. Jika sudah mempunyai NIB, pemilik bisnis sudah dapat mengurus permohonan dokumen izin operasional, perizinan komersial, maupun perizinan lain menyesuaikan resiko bidang bisnis yang berjalan.

Sekarang NIB sudah berlaku jadi Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), hak akses kepabeanan, serta tanda peserta jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan bagi badan usaha.

NIB bisa diajukan di Dinas PTSP atau secara digital lewat situs OSS RBA. Persyaratan pengurusan Nomor Induk Berusaha adalah profil pemilik usaha, modal usaha, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Klasifikasi Usaha (KBLI), {serta||dan} lokasi usaha.

Saat hendak mendapatkan NIB, pemilik bisnis harus melakukan pendaftaran melalui halaman OSS dahulu. Berikut tahapannya:

  • Masuk melalui situs OSS;
  • Memilih jenis NIB yang akan diurus, bisa perseorangan, perorangan baik dengan Non-UMK, maupun non perorangan;
  • Mengisi isian data yang dibutuhkan;
  • Memasukkan|Mengisi|Melengkapi} data KBLI;
  • Cek data serta review NIB;
  • Unduh Surat NIB.

Melampirkan Dokumen Persyaratan untuk Memverifikasi Sertifikat Standar Untuk Izin Usaha Pengusahaan Damar

Jika NIB didapatkan, baik untuk usaha mikro kecil, ataupun non UMK pasti akan diketahui klasifikasi usaha dalam tingkat resiko tertentu. Tingkatan risiko usaha ada tiga yaitu resiko rendah, resiko menengah, dan risiko tinggi. Klasifikasi ini yang dijadikan pertimbangan apakah owner usaha perlu mendapatkan perizinan usaha yang lain atau tidak.

Ketika bisnis memiliki risiko rendah, biasanya Nomor Induk Berusaha sudah termasuk untuk perizinan operasional ataupun perizinan komersial. Akan tetapi jika resiko usaha yang berjalan masuk sebagai usaha resiko menengah maupun risiko tinggi, dibutuhkan izin tambahan yang salah satunya merupakan Sertifikat Standar.

Sertifikat Standar berguna untuk menentukan  komitmen pelaku usaha dengan standar yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sertifikat standar juga berfungsi sebagai surat legalitas pelaku usaha ketika melaksanakan kegiatan bisnis yang sudah taat dengan standar.

Untuk memperoleh sertifikat standar bagi usaha yang beresiko tinggi wajib mengajukan verifikasi dari Kementerian/lembaga; Perangkat daerah provinsi; Perangkat daerah kabupaten/kota; Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK); atau Badan Pengusahaan KPBPB. Pengurusan Sertifikat Standar dilakukan secara terpisah tergantung kebutuhan dari bisnis yang berjalan.

Mengurus Izin Tambahan yang Diperlukan Pengusahaan Damar

Izin lain dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan bisnis dengan skala atau media tertentu. Contohnya jika usaha menggunakan aplikasi digital, maka disyaratkan izin tambahan salah satunya sertifikat Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE) yang dimohonkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika. Legalitas tambahan lain seperti bukti pendaftaran anggota Asosiasi perusahaan, BPOM, Izin Edar, Halal MUI, Standar Nasional Indonesia atau Sertifikat ISO, dan Dokumen tambahan lainnya.

Pemenuhan perizinan tambahan dapat dilakukan memakai Sistem Lembaha OSS yang langkahnya akan divalidasi oleh kementerian yang punya kewenangan.

Mau mendaftar izin usaha Pengusahaan Damar tapi masih bingung prosedur dan syarat-syaratnya? Sampaikan kebutuhan legalitasmu kepada www.sah.co.id atau melalui WA 0856 2160 034

Sah! Solusi Legalitas Usaha