Berita Hukum Legalitas Terbaru

Begini Mekanisme Tepat Mendapatkan Izin Usaha Klub Renang

Ilustrasi Pembubaran Legalitas

Izin usaha Klub Renang merupakan salah satu bagian kewajiban yang penting dipersiapkan oleh pemilik bisnis Klub Renang sehingga usaha bisa perlindungan hukum. Kadang-kadang pemilik bisnis cuma memikirkan mencari keuntungan sampai lupa izin usaha Klub Renang.

Kenyataannya jika usaha telah memiliki izin, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Mulai dari mememperbesar jumlah pangsa pasar bahkan terhindar dari hal-hal yang akan merugikan bisnis di masa yang akan datang.

Profit bisnis dapat meningkat disebabkan sesudah memperoleh izin, pebisnis bisa akses pelanggan yang lebih luas. Diantaranya adalah bisa kerjasama dengan lembaga lain, atau dapat kesempatan baru lewat tender yang sedang dilakukan lembaga swasta atau pemerintah. Pebisnis juga bisa mengembangkan usaha ke pasar seluruh dunia, menjalankan bisnis expor impor, atau menjalin kerjasama dengan Pebisnis di luar negeri.

Tapi kalau Pemilik bisnis abai terhadap izin usaha Klub Renang, terdapat banyak masalah yang bisa menghambat operasional usaha. Salah satunya usaha yang sudah dijalankan akan dikategorikan sebagai usaha yang tidak taat aturan. Konsekuensinya usaha bisa diberi peringatan, dihentikan oleh pihak berwajib, produk atau aset usaha disita, maupun dapat diberikan sanksi baik perdata maupun penjara.

Lalu apa yang harus disiapkan agar usaha Klub Renang bisa memiliki izin dan mendapatkan perlindungan oleh pemerintah?

Dibawah ini adalah mekanisme dalam mendapat izin usaha Klub Renang.

Mempelajari Izin Apa Saja yang Perlu Dimiliki Untuk Melaksanakan Usaha Klub Renang

Pada saat ini pemerintah sudah memberikan kemudahan pengurusan izin  usaha Klub Renang menggunakan Online Single Submission (OSS) berbasis risiko. Kalau dulu pengurusan izin usaha dibutuhkan Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP, Tanda Daftar Perusahaan (TDUP), Surat Keterangan Terdaftar (SKT), maka untuk saat ini izin usaha digantikan oleh Nomor Induk Berusaha (NIB). NIB menjadi wajib diurus bagi setiap Pemilik usaha karna difungsikan sebagai identitas dari Pemilik bisnis.

Legalitas lain yang wajib dimiliki oleh Pemilik bisnis Klub Renang adalah NPWP, Sertifikat Standar (Resiko Menengah Tinggi), dan juga Izin lainnya sesuai resiko serta kegiatan usaha. Jika mau memperoleh perlindungan hukum dari produk atau jasa, Pemilik usaha dapat mengajukan pendaftaran merek dagang melalui Dirjen HKI menyesuaikan jenis produk atau jasa yang dimiliki.

Memilih KBLI yang Tepat Untuk Usaha Klub Renang

Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia (Kode) merupakan kode klasifikasi yang disiapkan oleh Badan Pusat Statistik untuk acuan Pengusaha ketika menentukan kegiatan usaha yang dijalankan. Seluruh Pemilik bisnis wajib memasukkan kode KBLI sesuai dengan  kegiatan usaha yang telah dijalankan.

Kode KBLI disusun atas 5 digit angka yang memiliki informasi maksud, tujuan, dan kegiatan usaha. Kode KBLI untuk usaha Klub Renang memakai kode 93123.

Usaha yang termasuk Kelompok ini mencakup usaha organisasi/klub renang profesional, semi profesional atau amatir yang memberikan anggotanya kesempatan untuk ikut dalam kegiatan olahraga, baik yang menyediakan tempat dan fasilitas untuk olahraga atau tidak.

Ketika memilih kode KBLI 93123 perlu memperhatikan benar-benar dan sesuai dengan kegiatan usaha yang telah berjalan. Karna jika salah  memakai Kode KBLI 93123, izin usaha tidak bisa berjalan.

Mendirikan Badan Usaha atau Perseorangan Dalam Menjalankan Bisnis Klub Renang

Pemilik bisnis bisa menentukan akan memakai badan usaha atau nama perseorangan dalam menjalankan usahanya. Keduanya punya keuntungan dan kekurangan masing-masing.

Jika memutuskan memakai badan usaha, bisnis yang dijalankan menjadi naik kelas karna bisnis akan berjalan memakai nama badan usaha. Dokumen perizinan, NPWP, maupun akun bank bisa didaftarkan nama badan usaha. Transaksi keuangan menjadi terpisah antara owner dan bisnis. Jadi, kepemilikan harta jadi lebih transparan antara omset pengusaha dengan harta usaha.

Di Indonesia badan usaha yang dapat dipilih salah satunya PT, CV, Yayasan, Firma, UD, Koperasi, serta badan usaha lainnya yang sesuai dengan kemampuan dan kategori bisnis yang beroperasi.

Perlu diketahui juga kalau pemilik bisnis memutuskan menjalankan kegiatan bisnis memakai identitas pribadi, maka pembukuan keuangan, perpajakan, dan izin usaha yang didapatkan menjadi atas nama pribadi pengusaha. Laporan pajak menjadi lebih simpel, proses izin biasanya jugs lebih simpel, serta hak seutuhnya berada di pemilik usaha.

Mendaftarkan Nomor Pokok Wajib Pajak untuk Memenuhi Kewajiban Pajak

Pajak adalah salah satu bagian kewajiban yang musti dilaporkan oleh warga negara, termasuk pemilik usaha. Bukti pemilik bisnis sudah terdaftar sebagai wajib pajak adalah Nomor Pokok Wajib Pajak.

Registrasi NPWP bisa dilakukan kepada KPP di wilayah sesuai alamat bisnis atau melalui daring di aplikasi www.pajak.go.id

Dokumen Persyaratan saat mau mendaftarkan NPWP Pribadi yaitu KTP dan Kartu Keluarga. Akan tetapi kalau mendaftarkan NPWP Badan Usaha perlu mengumpulkan SK Kemenkumham/Akta Badan Usaha, KTP dan NPWP ketua atau direktur.

Membuat NIB OSS Klub Renang

Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah identitas dan bukti jika pengusaha telah terdaftar di lembaga OSS. Jika sudah mempunyai NIB, pengusaha sudah bisa mengurus izin operasional, dokumen izin komersial, serta perizinan lainnya sesuai resiko jenis bisnis yang akan dijalankan.

Sekarang ini NIB sudah berlaku juga sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), hak akses kepabeanan, serta tanda peserta jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan bagi badan usaha.

NIB dapat didapatkan di Dinas PTSP atau secara digital lewat sistem Online Single Submission. Syarat permohonan Nomor Induk Berusaha antaralain profil owner bisnis, modal usaha, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Klasifikasi Usaha (KBLI), {serta||dan} alamat usaha.

Untuk membuat NIB, pemilik bisnis harus melakukan pendaftaran pada laman Online Single Submission dahulu. Berikut prosedurnya:

  • Daftar melalui aplikasi OSS;
  • Pilih kategori NIB yang akan diproses, bisa perorangan, perseorangan menggunakan UMKM, maupun non-perseorangan;
  • Melengkapi isian data yang disediakan;
  • Memasukkan|Mengisi|Melengkapi} form KBLI;
  • Mengecek kembali isian data serta preview NIB;
  • Cetak File NIB.

Memenuhi Dokumen Persyaratan untuk Menerbitkan Sertifikat Standar Bagi Izin Usaha Klub Renang

Saat NIB didapatkan, baik itu usaha mikro kecil, maupun besar pastinya akan diketahui jenis usaha ke dalam tingkat resiko tertentu. Tingkat resiko usaha ada tiga antaralain resiko rendah, resiko menengah, serta risiko tinggi. Jenis Klasifikasi inilah yang menjadi tolak ukur apakah owner usaha perlu mengurus izin usaha lain atau tidak.

Jika bisnis memiliki risiko rendah, umumnya NIB sudah termasuk untuk perizinan operasional atau izin komersial. Tetapi jika resiko bisnis yang dijalankan dikategorikan usaha risiko menengah ataupun risiko tinggi, wajib mempunyai izin lain yang termasuk didalamnya merupakan Sertifikat Standar.

Sertifikat Standar difungsikan untuk meninjau  kecocokan pelaku usaha dengan standar yang sudah ditentukan oleh kementerian. Sertifikat standar juga berguna sebagai surat legalitas pelaku usaha saat menjalankan kegiatan usaha yang sudah taat dengan undang-undang.

Untuk mendapatkan sertifikat standar bagi usaha yang beresiko tinggi harus mendapatkan verifikasi dari Kementerian/lembaga; Perangkat daerah provinsi; Perangkat daerah kabupaten/kota; Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK); atau Badan Pengusahaan KPBPB. Pengurusan Sertifikat Standar dilakukan secara terpisah tergantung kebutuhan dari bisnis yang berjalan.

Mengurus Izin Tambahan yang Diperlukan Klub Renang

Izin lain diperlukan untuk berjalannya kegiatan bisnis dengan skala ataupun media tertentu. Diantaranya kalau usaha dijalankan melalui media digital, maka diperlukan izin lainnya berupa dokumen Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE) yang bisa didaftarkan ke Kementerian Kominfo. Izin tambahan lainnya seperti kartu pendaftaran anggota Asosiasi perusahaan, Badan POM, Izin Edar, Halal MUI, Standar Nasional Indonesia atau Sertifikat ISO, dan Sertifikat tambahan lainnya.

Pengajuan izin tambahan bisa dilakukan lewat Platform Online Single Submission yang nantinya akan diverifikasi oleh dinas yang berwenang.

Ingin mendapatkan izin usaha Klub Renang tapi masih bingung langkah dan syarat-syaratnya? Konsultasikan kebutuhan legalitasmu kepada www.sah.co.id atau melalui WA 0856 2160 034

Sah! Solusi Legalitas Usaha

WhatsApp us

Exit mobile version