Izin usaha Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl jadi salah satu syarat yang penting dipersiapkan oleh pebisnis Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl supaya bisnis bisa berjalan tanpa gangguan. Kadang-kadang pebisnis hanya berfokus mencari laba sampai terlena mengurus izin usaha Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl.
Sementara itu jika usaha telah memperoleh izin, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Mulai dari menaikkan banyaknya pangsa pasar sampai terbebas dari masalah yang akan merugikan usaha di masa datang.
Pendapatan usaha dapat meningkat karna setelah mengurus izin, pemilik usaha bisa mengakses pasar yang lebih banyak. Salah satunya adalah punya kesempatan kerjasama dengan institusi lain, maupun mendapatkan peluang baru lewat tender yang sedang dilakukan perusahaan swasta ataupun pemerintah. Pemilik bisnis bisa juga berkesempatan mengakses pasar negara lain, menjalankan usaha export import, bahkan menjalin kerjasama dengan Pemilik usaha seluruh dunia.
Akan tetapi kalau Pebisnis mengabaikan izin usaha Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl, ada beberapa masalah yang bisa mengancam keberlangsungan bisnis. Pertama, usaha yang sudah beroperasi akan dikategorikan sebagai usaha ilegal. Resikonya usaha dapat diberi peringatan, dibekukan oleh pemda, produk atau aset bisnis disita, ataupun dapat diberikan sanksi baik denda maupun penjara.
Terus bagaimana caranya agar bisnis Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl dapat memiliki izin dan diberi perlindungan oleh pemerintah?
Berikut ini tahap dalam memperoleh izin usaha Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl.
Pelajari Izin Apa Saja yang Harus Diurus Untuk Melaksanakan Usaha Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl
Saat ini pemerintah telah mempermudah pengurusan izin usaha Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl lewat Online Single Submission (OSS) berbasis risiko. Jika dulu mengurus izin usaha memakai Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP, Tanda Daftar Perusahaan (TDUP), Surat Keterangan Terdaftar (SKT), maka untuk saat ini izin usaha tergantikan oleh Nomor Induk Berusaha (NIB). NIB harus diperoleh bagi seluruh Pebisnis karna berfungsi sebagai pengenal dari Pemilik usaha.
Selain NIB, izin yang perlu disiapkan oleh Pengusaha Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl adalah Nomor Pokok Wajib Pajak, Sertifikat Standar (Resiko Menengah Tinggi), dan Izin lainnya sesuai dengan resiko serta bidang usaha. Kalau mau memiliki perlindungan hukum dari produk atau jasa, Pemilik bisnis bisa mendaftarkan merek dagang ke Dirjen HAKI disesuaikan kategori barang atau jasa yang dijalankan.
Memilih KBLI yang Cocok Bagi Usaha Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl
Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia (Kode) dijadikan acuan sebagai kode klasifikasi yang disiapkan oleh BPS untuk acuan Pemilik usaha ketika menentukan bidang usaha yang sudah berjalan. Setiap Pemilik bisnis harus memasukkan kode KBLI sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan.
Kode KBLI terdiri dari lima digit angka yang memiliki informasi maksud, tujuan, serta kategori usaha. Kode KBLI bagi usaha Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl memakai kode 93299.
Jenis usaha yang masuk dalam Kelompok ini mencakup kegiatan hiburan dan rekreasi yang tidak tercakup dalam 93291 s.d. 93293, seperti kegiatan operasional bukit ski, penyewaan perlengkapan rekreasi dan hiburan yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari fasilitas rekreasi, kegiatan operasional pekan raya dan pertunjukan rekreasi alami , dan kegiatan hiburan dan rekreasi lainnya. Termasuk kegiatan produser atau pengusaha pertunjukan langsung selain pertunjukan olahraga atau seni, dengan atau tanpa fasilitas.
Dalam memilih kode KBLI 93299 perlu memperhatikan dengan benar dan sesuai dengan jenis usaha yang telah berjalan. Karna kalau salah menentukan Kode KBLI 93299, izin usaha tidak bisa diurus.
Menentukan Badan Usaha atau Perseorangan Saat Menjalankan Usaha Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl
Pengusaha bisa memutuskan akan memakai badan usaha ataupun nama pribadi dalam menjalankan bisnisnya. Kedua hal tersebut punya keuntungan dan kekurangan tersendiri.
Akan tetapi jika memutuskan memakai badan usaha, bisnis menjadi lebih terpercaya karna usaha akan dijalankan menggunakan nama) badan usaha. Dokumen perizinan, NPWP, ataupun rekening bank akan dibuat nama badan usaha. Laporan keuangan dilakukan tersendiri antara pendiri dan usaha. Akibatnya, kepemilikan keuangan jadi semakin jelas antara penghasilan pebisnis dan harta usaha.
Di Indonesia badan usaha yang dapat dipilih contohnya PT, CV, Yayasan, Firma, UD, Koperasi, dan badan usaha lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kategori bisnis yang dijalankan.
Namun kalau owner memutuskan menjalankan bisnis memakai identitas pribadi, maka laporan keuangan, NPWP, serta legalitas yang didapat menjadi atas nama pribadi owner usaha. Penyampaian pajak jadi lebih sederhana, perizinan biasanya jugs lebih sederhana, serta tanggung jawab 100% berada pada pebisnis.
Mengurus NPWP untuk Menjalankan Kewajiban Pajak
Pajak menjadi satu dari banyaknya kewajiban yang harus disampaikan oleh WNI, termasuk pemilik usaha. Bukti owner bisnis sudah resmi terdaftar sebagai wajib pajak adalah NPWP.
Pendaftaran NPWP bisa diajukan kepada Kantor Pajak Pratama di kota sesuai lokasi usaha atau secara daring di sistem www.pajak.go.id
Persyaratan ketika hendak membuat NPWP Pribadi yaitu KTP dan Kartu Keluarga. Tapi jika membuat NPWP Badan Usaha wajib menyerahkan Surat Keterangan/Dokumen Akta Pendirian, KTP dan NPWP ketua atau direktur.
Membuat NIB OSS Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl
Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah identitas dan bukti kalau pengusaha telah terdaftar resmi di lembaga OSS. Jika sudah mendapatkan NIB, pengusaha dapat mengajukan permohonan perizinan operasional, dokumen izin komersial, ataupun perizinan lainnya sesuai resiko jenis bisnis yang akan dijalankan.
Saat ini NIB sudah berlaku jadi Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), hak akses kepabeanan, serta tanda peserta jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan bagi badan usaha.
NIB bisa didapatkan di Dinas PTSP atau secara digital pada website OSS. Syarat pendaftaran Nomor Induk Berusaha antara lain identitas owner bisnis, modal usaha, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Klasifikasi Usaha (KBLI), {serta||dan} domisili usaha.
Saat hendak mengurus NIB, pemilik usaha wajib mendaftar di laman Online Single Submission terlebih dahulu. Di bawah ini merupakah langkah-langkahnya:
- Mendaftar melalui sistem OSS;
- Pilih jenis NIB yang mau diproses, bisa perseorangan, perorangan menggunakan Non-UMK, atau badan usaha;
- Memasukkan data-data yang diperlukan;
- Memasukkan|Mengisi|Melengkapi} data-data KBLI;
- Cek isian data dan preview NIB;
- Mendownload Surat NIB.
Mengurus Dokumen Syarat untuk Mendapatkan Sertifikat Standar Untuk Izin Usaha Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl
Setelah NIB diperoleh, baik itu usaha , atau besar pasti akan terlihat klasifikasi usaha dalam tingkat risiko sesuai KBLI. Tingkat risiko usaha ada tiga antara lain risiko rendah, resiko menengah, dan resiko tinggi. Jenis Klasifikasi tersebut yang dijadikan pertimbangan apakah pemilik bisnis perlu membuat perizinan usaha lainnya atau tidak.
Saat usaha memiliki risiko rendah, umumnya NIB berguna untuk izin operasional ataupun izin komersial. Tapi jika resiko usaha yang berjalan dikategorikan usaha risiko menengah serta risiko tinggi, wajib memiliki perizinan lain yang satu diantaranya merupakan Sertifikat Standar.
Sertifikat Standar berfungsi untuk tolak ukur komitmen pelaku usaha dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Sertifikat standar juga berfungsi sebagai bentuk sahnya pelaku usaha saat menjalankan kegiatan usaha yang telah patuh dengan standar.
Untuk mendapatkan sertifikat standar bagi usaha yang beresiko tinggi harus mengajukan verifikasi dari Kementerian/lembaga; Perangkat daerah provinsi; Perangkat daerah kabupaten/kota; Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK); atau Badan Pengusahaan KPBPB. Penerbitan Sertifikat Standar dilakukan secara terpisah tergantung kebutuhan dari bisnis yang beroperasidijalankan.
Mendapatkan Izin Tambahan yang Dibutuhkan Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl
Izin tambahan diperlukan untuk berjalannya kegiatan bisnis dengan skala atau media tertentu. Contoh jika bisnis dijalankan menggunakan media digital, maka akan dibutuhkan perizinan tambahan salah satunya sertifikat Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE) yang dikeluarkan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Perizinan tambahan yang lain seperti kartu anggota Asosiasi, Badan POM, Izin Edar, Sertifikat Halal, Standar Nasional Indonesia atau ISO, dan Dokumen tambahan lainnya.
Permohonan izin tambahan dapat dijalankan lewat Website Lembaha OSS yang nantinya akan diverifikasi oleh pemerintahan yang punya kewenangan.
Ingin mengurus izin usaha Aktivitas Hiburan Dan Rekreasi Lainnya Ytdl tapi masih bingung prosedur dan persyaratannya? Sampaikan kebutuhan legalitasmu kepada www.sah.co.id atau melalui WA 0856 2160 034
Sah! Solusi Legalitas Usaha