Berita Terbaru Hari Ini, Update dan Terpercaya
banner 728x250

Ternyata Bergini Tahap Tepat Memiliki Izin Usaha Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang

Izin usaha Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang jadi salah satu syarat yang harus disiapkan oleh pebisnis Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang sehingga bisnis dapat berjalan tanpa hambatan. Kadangkala pemilik usaha terlalu berfokus mencari omset sampai lupa izin usaha Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang.

Kenyataannya jika usaha sudah memiliki izin, terdapat beberapa keuntungan yang bisa diperoleh. Mulai dengan meningkatkan banyaknya omset sampai terhindar dari permasalahan yang akan merugikan bisnis di masa datang.

Pendapatan bisnis bisa naik disebabkan setelah menyiapkan izin, pemilik bisnis dapat mengakses pasar yang lebih luas. Diantaranya adalah punya kesempatan kerjasama dengan pelaku usaha lain, atau memperoleh peluang baru melalui pengadaan yang dilakukan lembaga swasta ataupun pemerintah. Pemilik usaha juga dapat mengembangkan bisnis ke pasar negara lain, melakukan usaha export import, sampai membuat kerjasama dengan Pemilik usaha seluruh dunia.

Akan tetapi jikalau Pengusaha enggan memiliki izin usaha Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang, terdapat banyak masalah yang bisa mengancam keberlangsungan usaha. Salah satunya usaha yang sudah beroperasi akan dianggap sebagai bisnis yang tidak taat aturan. Akibatnya usaha bisa diberi peringatan, dibekukan oleh pihak berwajib, produk atau aset usaha disita, maupun dapat diberikan sanksi baik denda maupun penjara.

Terus apa yang harus dilakukan supaya bisnis Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang dapat memiliki izin dan mendapat perlindungan dari pemerintah?

Dibawah ini adalah cara dalam membuat izin usaha Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang.

Mencari Tahu Izin Apa Saja yang Dibutuhkan Buat Melakukan Usaha Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang

Pada saat ini pemerintah telah memberi kemudahan pengurusan izin  usaha Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang lewat Online Single Submission (OSS) RBA. Jika dulu mengurus izin usaha memerlukan Surat Izin Usaha Perdagangan / SIUP, Tanda Daftar Perusahaan (TDUP), Surat Keterangan Terdaftar (SKT), maka untuk saat ini izin usaha tergantikan oleh Nomor Induk Berusaha (NIB). NIB menjadi wajib diurus oleh semua Pemilik usaha karena dijadikan sebagai pengenal dari Pemilik bisnis.

Kewajiban lain yang harus disiapkan oleh Pemilik usaha Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang adalah NPWP, Sertifikat Standar (Resiko Menengah Tinggi), serta Izin lainnya sesuai dengan resiko serta kegiatan usaha. Kalau mau mempunyai perlindungan hukum dari produk atau jasa, Pengusaha dapat melakukan pendaftaran merek dagang ke Direktorat Jenderal HKI tergantung kategori barang atau jasa yang dimiliki.

Menentukan KBLI yang Cocok Untuk Usaha Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang

Klasifikasi Baku Lapangan Kerja Indonesia (Kode) adalah kode klasifikasi yang dibuat Badan Pusat Statistik untuk acuan Pemilik bisnis dalam menentukan kegiatan usaha yang dijalankan. Seluruh Pemilik bisnis perlu mencantumkan kode KBLI sesuai dengan  bidang usaha yang akan berjalan.

Kode KBLI tersusun atas lima digit angka yang memuat informasi maksud, tujuan, dan kegiatan usaha. Kode KBLI bagi usaha Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang menggunakan kode 42113.

Usaha dalam Kelompok ini mencakup usaha pembangunan, peningkatan, pemeliharaan dan perbaikan landasan pacu pesawat terbang. Termasuk juga kegiatan pembangunan, peningkatan, pemeliharaan penunjang, pelengkap dan perlengkapan landasan pacu, seperti pagar/tembok penahan, drainase landasan pacu, marka landasan pacu dan rambu-rambu.

Dalam memilih kode KBLI 42113 harus diperhatikan dengan benar dan disesuaikan dengan kegiatan usaha yang telah berjalan. Karna kalau salah  memilih Kode KBLI 42113, izin usaha tidak bisa berjalan.

Mendirikan Badan Usaha atau Pribadi Untuk Menjalankan Bisnis Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang

Pemilik bisnis bisa menentukan akan memakai badan usaha ataupun nama pribadi dalam menjalankan bisnisnya. Kedua pilihan tersebut memiliki keuntungan dan kerugian sendiri-sendiri.

Tapi jika memutuskan memilih badan usaha, usaha yang dijalankan menjadi lebih terpercaya karena bisnis akan dijalankan atas nama badan usaha. Dokumen izin, kewajiban pajak, ataupun akun bank memakai nama badan usaha. Laporan keuangan akan terpisah antara owner dan usaha. Sehingga pengelolaan harta menjadi lebih jelas antara omset pemilik bisnis dan harta usaha.

Pilihan badan usaha yang bisa digunakan adalah PT, CV, Yayasan, Firma, UD, Koperasi, dan badan usaha lainnya yang disesuaikan dengan keadaan dan bidang usaha yang berjalan.

Sebagai informasi kalau owner usaha memutuskan menjalankan kegiatan usaha menggunakan nama perseorangan, maka transaksi keuangan, pajak, dan legalitas yang didapat menjadi atas nama pribadi pemilik usaha. Pengurusan pajak menjadi lebih simpel, perizinan biasanya jugs lebih mudah, dan hak sepenuhnya ada di pemilik usaha.

Mendaftarkan Nomor Pokok Wajib Pajak untuk Penuhi Kewajiban Pajak

Pajak merupakan satu dari banyaknya kewajiban yang harus dilaporkan oleh warga negara, termasuk didalamnya pebisnis. Bukti pemilik bisnis telah resmi terdaftar menjadi wajib pajak adalah Nomor Pokok Wajib Pajak.

Registrasi NPWP dapat diajukan lewat Kantor Pajak di wilayah sesuai tempat tinggal bisnis atau melalui online di situs www.pajak.go.id

Dokumen Persyaratan untuk mendaftar NPWP Pribadi adalah KTP dan Kartu Keluarga. Selain itu jika mendaftarkan NPWP Badan mesti mengumpulkan Surat Keterangan/Akta Notaris, KTP dan NPWP ketua atau direktur.

Mengurus Nomor Induk Berusaha Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang

Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah identitas dan bukti bahwa owner usaha telah terdaftar resmi di lembaga OSS. Jika sudah mempunyai NIB, owner usaha bisa mengajukan permohonan perizinan operasional, dokumen izin komersial, ataupun izin lainnya bergantung resiko kategori usaha yang akan dijalankan.

Saat ini NIB sudah berlaku jadi Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), hak akses kepabeanan, dan juga tanda peserta jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan bagi badan usaha.

NIB bisa didaftarkan melalui Dinas PTSP atau secara online lewat website Online Single Submission. Syarat permohonan Nomor Induk Berusaha diantaranya data pemilik usaha, modal usaha, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Klasifikasi Usaha (KBLI), {serta||dan} domisili usaha.

Ketika mau membuat Nomor Induk Berusaha, pebisnis dapat melakukan pendaftaran di laman OSS terlebih dahulu. Di bawah ini adalah prosedurnya:

  • Daftar melalui sistem OSS;
  • Klik jenis NIB yang hendak diproses, bisa perseorangan, perseorangan baik dengan usaha mikro kecil, maupun badan usaha;
  • Mengisi data yang dibutuhkan;
  • Memasukkan|Mengisi|Melengkapi} data-data KBLI;
  • Mengecek kembali isian data dan review NIB;
  • Mencetak File NIB.

Mengurus Dokumen Syarat untuk Mendapatkan Sertifikat Standar Bagi Izin Usaha Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang

Saat NIB diperoleh, baik itu usaha mikro kecil, ataupun besar pastinya akan terlihat jenis usaha ke dalam tingkat risiko sesuai KBLI. Tingkatan risiko usaha ada tiga antara lain resiko rendah, risiko menengah, serta resiko tinggi. Kategori inilah yang dijadikan dasar apakah owner usaha perlu membuat izin usaha lain atau tidak.

Ketika bisnis mempunyai resiko rendah, biasanya Nomor Induk Berusaha sudah berlaku untuk perizinan operasional maupun izin komersial. Namun bila risiko usaha yang dijalankan dikategorikan sebagai bisnis risiko menengah ataupun risiko tinggi, dibutuhkan izin tambahan yang salah satunya merupakan Sertifikat Standar.

Sertifikat Standar digunakan untuk tolak ukur  kecocokan pelaku usaha dengan standar yang sudah ditetapkan oleh kementerian. Sertifikat standar juga digunakan sebagai dokumen sahnya pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan bisnis yang telah sesuai dengan undang-undang.

Untuk memperoleh sertifikat standar bagi usaha yang beresiko tinggi wajib mengajukan verifikasi dari Kementerian/lembaga; Perangkat daerah provinsi; Perangkat daerah kabupaten/kota; Administrator Kawasan Ekonomi Khusus (KEK); atau Badan Pengusahaan KPBPB. Penerbitan Sertifikat Standar dilakukan secara terpisah tergantung kebutuhan dari bisnis yang beroperasidijalankan.

Memperoleh Izin Tambahan yang Dibutuhkan Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang

Perizinan tambahan diperlukan untuk menjalankan kegiatan usaha dengan skala atau media tertentu. Misalnya kalau usaha dijalankan menggunakan platform digital, maka akan diwajibkan perizinan lainnya antaralain sertifikat Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE) yang dimohonkan ke Kominfo. Legalitas tambahan lain seperti bukti anggota Asosiasi perusahaan, Badan POM, Izin Edar, Halal MUI, Sertifikat SNI atau ISO, dan Dokumen tambahan lainnya.

Pemenuhan perizinan tambahan bisa dilakukan menggunakan Situs Online Single Submission yang selanjutnya akan diverifikasi oleh lembaga yang berwenang.

Hendak mengajukan izin usaha Konstruksi Landasan Pacu Pesawat Terbang tapi masih bingung langkah dan syaratnya? Konsultasikan kebutuhan legalitasmu kepada www.sah.co.id atau melalui WA 0856 2160 034

Sah! Solusi Legalitas Usaha